• free template for your blog, enjoy it!

    Tips Merancang Website Dengan Tepat


    Athor : Sulhadi
    Banyak orang yang kurang memahami bahwa dibutuhkan sebuah desain web yang tepat. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang baru sajamemulai bisnis di internet.
    Sebuah website ibarat rumah bagi yang bisa disinggahi oleh siapa saja. Tentu saja, rumah tersebut harus memiliki standar kenyamanan dan ruang seperti halnya bangunan konvensional.
    Apalagi jika web tersebut dibuat untuk tujuan bisnis. Beberapa kasus yang sering dijumpai adalah web yang tidak efisien sehingga membuat para pengunjung tidak betah untuk berlama-lama di situ. Nah, oleh sebab itu perlu diperhatikan beberapa hal penting untuk menciptakan desain web yang baik dan tepat. Hal-hal tersebut berkaitan dengan persoalan tampilan dan konten (isi) yang termuat di dalamnya.
    Untuk membuat sebuah web, Anda harus mengetahui segmentasi dan target yang hendak dijadikan sasaran. Ada banyak tipikal dari pengunjung situs yang perlu dipahami dengan baik. Akibat dari bertambahnya jumlah pengguna internet di Indonesia, seorang pemilik web harus membuat tampilan semenarik mungkin namun disesuaikan dengan karakter dari para pengguna internet. Sebagian besar orang di Indonesia cenderung enggan untuk membaca konten yang sangat panjang, apalagi jika tulisan tersebut terlalu ‘serius’.
    Mereka lebih sering membaca halaman yang pendek dengan konten-konten visual. Namun, sebuah desain web juga jangan sampai menggunakan warna yang mencolok. Sebab, warna tampilan yang mencolok akan membuat mata lelah dan tidak nyaman. Selain itu, jika Anda menampilkan gambar atau foto, usahakan supaya ukurannya tidak terlalu besar. Ukuran gambar yang besar dalam sebuah web akan membuat proses loading menjadi lama, apalagi saat ini orang cenderung mengakses internet melalui hape atau gadget dengan kemampuan yang rata-rata masih terbatas.
    Tak ada yang lebih baik dari sebuah desain web yang ringkas dan sederhana. Jika Anda termasuk orang yang peduli dengan aspek-aspek desain, mungkin hal ini sudah dipahami. Namun, kita harus tahu bahwa sesuatu yang ringkas dan sederhana itu belum tentu murahan. Untuk itu, perlu dijaga keseimbangan antaratampilan web dengan konten di dalamnya.
    Tampilan web yang sangat ‘wah’ akan menurun kualitasnya jika ternyata tidak diimbangi oleh konten yang bermutu. Memang, masyarakat internet sendiri yang akan menilainya dan Anda harus bisa membaca kecenderungan tersebut. Untuk itu, jika web Anda menggunakan bahasa Indonesia atau bilingual, sangat perlu untuk memperhatikan ejaan atau format penulisan.
    Namun, jangan gunakan bahasa yang terlalu kaku. Hal ini untuk menjaga kualitas dan jumlah traffic pengunjung yang nantinya bisa Anda pantau melalui web tersebut. Apabila Anda mencantumkan link di web tersebut, sebaiknya diberi keterangan yang memadai dan alasan kenapa Anda mencantumkannya.
    Nah, hal terakhir dan penting ialah jangan lupa untuk mencantumkan alamat pemilik web untuk menjamin kepercayaan dari pengunjung. Demikianlah, tips singkat dalam membuat desain web yang tepat guna, Anda bisa mencobanya mulai dari sekarang.
    Source : Sulhadi.com

    0 komentar:

    Post a Comment

    Miliki website sendiri dengan web hosting dan domain gratis di IdeBagus Web Hosting
     

    Visitor Counter

    free counters
    Free counters

    About Me

    .